4 Cara Ini Terbukti Ampuh untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Di dunia kerja karyawan dituntut untuk dapat bekerja dengan baik sesuai dengan job description yang sudah diberikan. Berbeda posisi, tentu akan berbeda jenis pekerjaan yag harus dilakukan. Mulai dari jabatan tertinggi hingga ke level staff semuanya harus secara maksimal dalam bekerja guna mencapai target-target perusahaan yang sudah ditetapkan.

Bagi karyawan baru, biasanya akan menunjukkan performa kerja terbaiknya di tiga bulan pertama. Pada saat inilah ia akan sungguh-sungguh bekerja sesuai dengan target yang diberikan guna memberikan kepuasan bagi atasannya. Dengan harapan ia mendapatkan penilaian baik dari perusahaan. Namun, tidak menutup kemungkinan kinerja karyawan akan merosot yang menyebabkan target-target tak tercapai. Berikut adalah 4 cara untukmningkatkan kinerja kerja karyawan:

Memberikan Lingkungan Kerja yang Baik

Pada prinsipnya orang akan nyaman bekerja di lingkungan yang baik. Artinya, faktor-faktor pendukung seperti ruangan yang nyaman, tidak bising, fasilitas yang memadai untuk menunaikan pekerjaan haruslah mendukung. Para ahli Sumber Daya Manusia (SDM) mengungkapkan pentingnya memberikan lingkungan kerja yang baik ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Memberikan Motivasi untuk Bekerja Secara Maksimal

Selain lingkungan kerja yang baik, seorang karyawan membutuhka dorongan secara mental dalam bekerja, khususnya dari atasannya. Seorang atasan harus mampu memberikan motivasi kepada bawahannya dengan terus mendorong ia agar dapat bekerja secara maksimal. Dorongan atau motivasi inilah yang menjadi salah satu cara untuk membuat karyawan memberikan performa kerja terbaiknya.

Dengarkan Mereka

Tidak selamanya aspirasi datang hanya dari atasan. Sesekali harus ada pertemuan atau obrolan santai antara atasan dengan bawahan. Pada saat itu, seorang atasan harus memposisikan dirinya sebagai seorang pendengar dan meminta bawahannya untuk menyampaikan aspirasi atau pemikiran-pemikiran yang ia miliki dalam kaitannya dengan pekerjaan. Dengan begitu, karyawan akan merasa diberikan ruang untuk berpendapat dalam rangka mencari solusi untuk meningkatkan produktivitas kerja untuk kepentingan bersama.

Berikan Kebebasan untuk Berkembang

Di dalam perusahaan yang mengedapankan budaya yang berlandaskan welas asih atau compassionate organization, seluruh karyawan akan diberikan kebebasan untuk bertumbuh kembang. Pimpinan perusahaan haruslah dapat menjadi inspirator bagi seluruh karyawan sehingga terjadi dukungan yang terus mengalir agar mereka dapat tumbuh setinggi-tingginya sesuai dengan bakat yang dimiliki dan pada akhirnya bekerja secara maksimal untuk perusahaan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *