Build People Build Business

Build People, Build Business

Build People, Build Business , saat ini dunia sedang menghadapi kemajuan teknologi dan sistem informasi yang sangat cepat. Hal ini membuat organisasi-organisasi, khususnya organisasi bisnis berlomba-lomba untuk melakukan inovasi guna menciptakan produk atau jasa yang kekinian. Seakan-akan mengisyaratkan, yang tidak dapat mengikuti perkembangan jaman maka silakan bersiap-siap untuk ketinggalan.

Belajar dari kebangkrutan Nokia, rupanya inovasi menjadi kunci dari keberlangsungan bisnis di era globalisasi. Hanya dengan inovasi yang terus berkembang sajalah para pelaku bisnis dapat memenuhi kebutuhan pasar yang selalu berubah-ubah.

Dibutuhkan investasi yang besar untuk mempersiapkan masa depan di tengan dinamisnya laju perekonomian dunia. Investasi itu tidak hanya sekadar menyetorkan uang pada lembaga maupun pihak tertentu dan menunggu hasilnya saja.

Paul Turner dan Denny Kalman dalam bukunya yang berjudul “Make Your People Before Your Products” menyarankan untuk memberikan ruang gerak yang luas dan nyaman kepada orang-orang dalam organisasi untuk mengembangkan diri, potensi dan talenta yang dimiliki. Membimbing, mengarahkan dan memahami mereka secara penuh, membuat produktivitas mereka akan meningkat secara alami. Inilah investasi yang terpenting untuk dilakukan saat ini.

Segala bentuk inovasi yang diharapkan perusahaan muncul dari sumber daya menusia di perusahaan itu sendiri. Tanpa sumber daya manusia yang berkualitas, maka tidak akan ada hasil dari pekerjaan yang totalitas.

Untuk itu, membangun sumber daya manusia yang berkualitas adalah PR bagi organisasi-organisasi bisnis agar dapat bersaing di era ini. Budaya perusahaan yang kaku sudah semestinya ditinggalkan. Budaya yang memberikan ruang bebas bagi setiap individu untuk dapat meningkatkan kemampuan alaminya-lah yang harusnya diciptakan.

Pada akhirnya, dengan membangun sumber daya manusia yang berkualitas, diharapkan dapat menciptakan sistem manajemen yang juga berkualitas. Dengan begitu, akan lahir produk dan jasa yang dapat unggul bersaing di pasar dan membawa organisasi bisnis mencapai target dan tujuan bersama.

Yadu Nandana
Junior Consultant of HumanDynamics

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *